Seperti yang kita ketahui, Uber memiliki metode pembayaran tunai dan non-tunai. Saat rider (customer) memilih pembayaran tunai, Anda akan menerima langsung pembayaran saat perjalanan selesai. Namun, jika rider memilih untuk membayar dengan Kartu Kredit/Debit, maka biaya perjalanan tersebut akan masuk Deposit Tabungan.

Namun adakalanya penumpang dengan metode pembayaran tunai juga mendapatkan promo atau diskon yang diberikan oleh Uber. Sehingga biaya perjalanan akan dipotong sesuai dengan nilai diskon/promo tersebut.

Bahkan jika nilai promo lebih besar dari biaya perjalanan, maka rider (customer) tidak perlu mengeluarkan uang alias gratis. Nantinya, diskon atau promo tersebut akan akan masuk Deposit Tabungan setelah perjalanan selesai.

Kesimpulannya, semua pembayaran non-tunai yang terdiri dari: pembayaran oleh customer dengan Kartu Kredit/Debit, pembayaran dengan Uber Credits, potongan biaya dari perjalanan dengan promo/diskon, serta Insentif Mingguan akan langsung masuk ke Deposit Tabungan.

Kapan Uber Driver / Mitra Pengemudi dibayar

Uber melakukan pembayaran kepada Mitra Pengemudi setiap minggu. Anda akan menerima email Laporan Pembayaran Partner sekitar Hari Selasa yang berisi jumlah uang yang akan ditransfer oleh Uber ke Rekening Anda nantinya.

UPDATE – Jika akun driver anda telah memenuhi syarat, anda bisa menikmati fitur baru Uber Flex Pay yang memungkinkan anda menarik penghasilan anda ke rekening bank setiap hari.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat Laporan Mingguan di Aplikasi Uber Driver atau Anda juga bisa login ke website Uber Partner di https://partners.uber.com

Laporan Mingguan Driver Uber

Laporan Via Website

Untuk lebih jelasnya, kami ilustrasikan seperti dibawah ini:

Budi mulai aktif bergabung dan mengemudi sebagai Driver UberX mulai hari Senin 5 Juni 2017. Pada hari Senin 12 Juni 2017 Budi melihat Laporan Mingguan, disana dijelaskan dia telah berhasil mengumpulkan penghasilan mingguan sebesar Rp880.408,-.

Uang tunai yang dikumpulkan sebesar Rp532.000,- (Ket: Omset Tunai/Uang Tunai Diambil), sedangkan sisanya merupakan pembayaran non-tunai termasuk promo dan insentif sebesar Rp348.408,- (Ket: Deposit Bank/Tabungan Bank).

Budi akan menerima email “Laporan Pembayaran Partner” pada Hari Selasa 13 Juni 2017, kemudian pembayaran akan sampai ke Rekening Budi pada Hari Kamis 15 Juni 2017.

Jika digambarkan dalam tabel berikut ini penjelasannya:

Jadwal Pembayaran Mitra Pengemudi Uber Juni – Juli 2017

Periode Email Laporan Perkiraan Uang Diterima
5 Juni – 12 Juni 13 Juni 15 Juni
13 Juni – 19 Juni 20 Juni 22 Juni
20 Juni – 26 Juni 27 Juni 29 Juni
27 Juni – 3 Juli 4 Juli 6 Juli

Perlu diperhatikan, jika hari Kamis merupakan tanggal merah atau hari libur, maka transfer kemungkinan akan ditunda hari berikutnya. Seperti yang terjadi saat cuti Hari Raya Idul Fitri 2017 yang lalu.


169 Komentar

bayu · 27 Februari 2018 pada 08:47

klo blm masukin no rek di uber. udah lewat hari senin kok saldo tiba2 jadi nol lagi
saldo sya di kemanain itu?
klo udh masukin no rek di uber apa saldo lngsung di kirim ke rek di tiap senin ??

    Octa · 6 Maret 2018 pada 20:57

    Saldo jadi 0 karena masuk minggu berikutnya, yang minggu lalu masih proses transfer, nanti juga muncul lagi di hari Rabu / Kamis.

Nurul · 23 Februari 2018 pada 20:51

Suami saya saldony dan penghasilannya tiba2 0 itu kenapa ya?

Blm sempat masukkan nomor rekening tau2 saldo dan penghasilan berubah 0

    Octa · 26 Februari 2018 pada 11:27

    Mungkin diambil sebagai Uber Fee di setiap trip tunai.

Beny · 22 Februari 2018 pada 19:22

Kalau saya sudah menyelesaikan trip 10x dalam 1 hari apakah ada bonus untuk saya? Dan bagaimana cara pembayaran dari uber nya? Apakah lgsg lwat rekening?

    Octa · 23 Februari 2018 pada 12:58

    Minimal trip untuk mendapatkan insentif berbeda-beda untuk setiap driver, bisa dilihat lewat aplikasi. Pembayaran insentif setiap minggu melalui rekening.

Asep winata · 21 Februari 2018 pada 14:40

Maaf pak saya mengisi formulir di partner uber pakai rekening BCA,apakah nanti uang insentif dan potongan harga hasil narik saya akan ditransfer ke rekening BCA saya.?

    Octa · 22 Februari 2018 pada 10:07

    Iya pak, benar sekali.

      Heru · 24 Februari 2018 pada 20:07

      Tapi kenapa sampe sekarang belum ada uang masuk ya mas di rekening saya. Saya udh 3 bulan jdi mitra uber. Walaupun gk sering narik sih

        Octa · 26 Februari 2018 pada 11:26

        Bisa di cek di laporan pendapatan harian pak, karena bisa saja saldo berkurang karena diambil sebagai uber fee saat mengambil perjalanan tunai.

      Heru · 28 Februari 2018 pada 08:53

      Saldo di aplikasi memang masih minus sih mas, apakah karna itu makanya belum ada transferan.?

        Octa · 6 Maret 2018 pada 20:52

        Iya mas, itu artinya perjalanan didominasi dengan tunai. Minus bisa hilang jika terima penumpang pakai promo atau kartu kredit.

Adimart Arminadi · 11 Februari 2018 pada 18:00

Saya sudah 4 minggu jadi driver UberX tapi belum ditransfer sama sekali. Dari minggu pertama saya sudah wanti-wanti takut salah isi akun bank-nya jadi saya tanya ke call centre-nya aja. Katanya akun bank saya sudah valid dan tidak ada masalah. Yowes saya tunggu lagi, 2 minggu kemudian saya telpon karena belum ada transferan juga. Kata Mba-nya ngga ada masalah di akunnya, mungkin ada kendala di bank-nya. Padahal kata istri saya yg pernah kerja di bank kalau proses giro paling lama cuma 2 hari. Yowes saya disuruh tunggu lagi.

Nah hari ini saya buka akun saya di laptop, ternyata data bank saya tidak valid (capek,deh!). Dan saya disuruh perbarui data bank saya yang artinya setelah pembaharuan data secara otomatis sistem akan memproses kurang lebih 14 hari kerja!! (Gila kali).

Saya ngga terlalu mengerti mengenai sistem pembayaran Uber ini, tapi ada baiknya manajemen perlu meninjau lagi karena yang saya baca di beberapa milis ternyata banyak permasalahan yang serupa. Saya yang awalnya sangat menyukai Interface Uber Driver ini (selain desainnya bagus, interface dan fitur2nya juga oke dibanding aplikasi taxol lain) jadi kcewa berat. Masalahnya balance saya lumayan besar dan itu merupakan modal untuk saya narik lagi.

Sementara saya stop dulu menggunakan Uber. Saya pakai aplikasi sebelah dulu yang pembayarannya lebih fleksibel. Mudah2an pihak Uber ada yang membaca komentar saya ini. Cheers!

    Muza · 12 Februari 2018 pada 14:36

    Saya pernah seperti ini, dan bukan bukan 14 hari kerja, hanya hitungan jam, karena memang itu dana sudah siap ditransfer. Coba cek keesekan harinya di hari kerja.

Yogga · 8 Februari 2018 pada 22:08

Klo sy baru 2 hari jalan uber,tiap hari nya (jam 7-22wib) menyelsaikan lebih dr 10trip.. yg saya tanya kan koq bonus trip per10 nya trip nya gak keluar ya di kolom insentif.

    Octa · 9 Februari 2018 pada 10:45

    Tidak ada ukuran mas berapa trip baru muncul insentif, dan itu sepertinya kebijakan “rahasia dapur” Uber kapan dan berapa insentif keluar. Kalau masih baru, coba online seminggu dulu mas.

Welly · 4 Februari 2018 pada 18:16

Saya mendapat telepon katanya dari uber.apa benar ada pembaharuan tentang pengiriman uang ke rekening

    Octa · 5 Februari 2018 pada 08:08

    Harap berhati-hati kak, konfirmasi dulu saja pada support.

hendrikson · 28 Januari 2018 pada 19:05

Saya mau nanya donk klw melihat hasil yg masuk ke rek yg mna yah…yg di saldo atw yg di penghasilan mingguan

    Octa · 30 Januari 2018 pada 09:58

    Yang saldo mas, penghasilan mingguan campur dengan uang tunai yang diterima.

      rony · 13 Februari 2018 pada 01:26

      yg di transfer ke rek kita yg di saldo saja mba,.??
      yg penghasilan tidak di transfer kah,??

    nurdin · 7 Februari 2018 pada 23:32

    masalah rider yg membayar dengan kridit card, dimana saya bisa melihat dan kapan uang tersebut masuk kereking saya. kurang lebih ada 6 orang yg menggunakan kartu kridit apakah uang tersebut langsung masuk kereking saya atau melalui proses dari uber

      Octa · 8 Februari 2018 pada 13:48

      Uang akan masuk saldo pak setiap minggu, saldo tersebut juga akan digunakan (dikurangi) untuk membayar Fee (Potongan) Uber ditiap perjalanan (trip) jika bapak menerima pembayaran tunai.

yusup · 19 Januari 2018 pada 09:04

Kalau Saya narik, transfernya ke rekening Ponsel, sesuai dengan nomor ponsel yang di daftarkan sebagai mitra uber bisa nggak gan?

    yusup · 1 Februari 2018 pada 16:49

    Pertanyaan saya kok nggak di jawab.

    Octa · 8 Februari 2018 pada 13:51

    Kurang jelas soal ini, karena di pilihan rekening Uber hanya ada bank CIMB konvensional bukan rekening ponsel.

Herman pelani · 18 Januari 2018 pada 16:01

Kapan kita terima insentif uberx

agung supriyatno · 14 Januari 2018 pada 21:55

koq insentif mingguan saya belum muncul jg y,padahal saya sudah menyelesaikan 111 trip perjalanan dlm 2 minggu,,,mohon petunjuknya dong admin

M.nur · 14 Januari 2018 pada 19:34

Kalo pake bank bri bisa apa gk ya?

Irul · 14 Januari 2018 pada 15:26

Kalau masih minus cicilan gimana apa masih nerima

Neri · 13 Januari 2018 pada 09:46

kalau saya belum punya rekekning. terus transfer nya pake rek sodara/rekan saya bisa gak bu?

    Octa · 13 Januari 2018 pada 15:02

    Bisa pak, asalkan valid dan masih aktif.

Erlangga tamtomo · 11 Januari 2018 pada 22:01

Selasa saya narik . Untuk pembayaran non tunai nya masuk minggu depan yah gan ? Terimakasih info nya

    Octa · 12 Januari 2018 pada 17:10

    Iya gan bener, hitungan mulai Senin jam 04.00 sampai dengan Senin lagi jam 03.59.

Muhamad kamal · 11 Januari 2018 pada 16:17

Saya mau tanya.. Saya kan baru daftar driver uber lalu saya singkronkan data saya waktu add bank account detail kolom national id nya salah terus ditulis indonesia dikasi taunya kurang panjang… Mohon dibalas ya makasi

    Octa · 11 Januari 2018 pada 17:21

    National ID itu bukannya nomor KTP gan, bukan Negara ya.

ALDI · 11 Januari 2018 pada 13:06

Gimana ya caranya daftar uber motor tapi motor tahun 2006 bisa gak surat2 lengkap

abdul tosyid · 10 Januari 2018 pada 10:50

Mau tnya donk. Kalau mau daftar uber motor,tapi pakai rekening adik bisa ga ya. Mohon info nya.

    Octa · 10 Januari 2018 pada 11:37

    Bisa mas, asalkan valid.

Abdul · 9 Januari 2018 pada 23:54

Min mau nanya nih, saya dpet email pembayaran yg bakal masuk rekening tpii saya cek ke atm ituu ga nambah yaa itu gimana ? Pendaftaran no rek nya di aplikasi salah apa gimana

    Octa · 10 Januari 2018 pada 11:38

    Email selasa, tapi masuk hari Rabu siang, paling lambat hari Jumat.

Dhian · 4 Januari 2018 pada 23:06

Sya sdah daftar uber sejak 3 minggu lalu . lewat teman saya . perjalanan sdah 41 perjalanan . tingkat pnerimaan 100% . 21 bintang 5 . kok masih aj blom ad promosi intensif ya ? Tpi temen saya dlu bru narik 4 hari sdah ada tawaran intensif. Bgaimna cara agar dapat mmnuhi syarat intensif ?

Api · 3 Januari 2018 pada 00:17

Mau tanya min saya udh narik ada deposit tapi blm daftarin rekeningnya,itu deposit saya yg Minggu Minggu lalu kira kira hangus atau enggak ya uang depositnya min?????,

    Octa · 3 Januari 2018 pada 21:31

    Ngga mas, segera masukin rekening aja.

Thoro · 2 Januari 2018 pada 16:19

Mer siang min, saya mau nanya sedikit.
Minggu lalu saya daftar online uber, dan akun saya sdh aktif dan bisa langsung order mencari penumpang. Namun hingga saat ini saya belum mau mencari order dikarenakan belum mempunyai atribut helm dan jaket dikarenakan bagaimana nanti jika ada pertanyaan dr penumpang bhw saya adalah driver gelap. Karena tdk ada atribut.
Mohon kiranya dimana saya bisa dapatkan atribut, dan apakah atributnya gratis atau saya hrs bayar.

    Octa · 2 Januari 2018 pada 17:22

    Saya beberapa kali naik UberMOTOR dengan driver yang tidak pakai atribut jaket, hanya helm, dan dari profilenya itu driver uda lebih dari 100 trip. Tapi sebaiknya memang pakai, beli aja online murah koq.

Zaenal mutakin · 28 Desember 2017 pada 06:30

Admin sya mau nanya . Kalo pajak mati boleh daftar enggak si ?

oktavian · 26 Desember 2017 pada 16:01

saya mau tanya? apakah uber driver menggunakan saldo? alias modal perjalanan? dari mana pihal uber akan mendapatkan keuntungan? saya sampai detik ini blm memiliki helm dan jaket. dimana saya ba mendapatkannya?

    Octa · 27 Desember 2017 pada 07:32

    Sampai saat ini tidak menggunakan saldo/topup seperti sebelah, tapi nanti dipotong dari customer yang bayar lewat Kartu Kredit / Promo.

Mochamad syahrial · 22 Desember 2017 pada 23:59

Akun sy bru mengisi req hri ini. Transferan depositnya bs diambil kpn ia min.
Mohon infonya tks

    Octa · 24 Desember 2017 pada 11:16

    Antara hari rabu dan kamis minggu depan pak.

      Hariyanto · 7 Maret 2018 pada 10:29

      Buk.. Saldo ya minggu kemarin kok belum masuk di rekening saya ya. Minim kan 1/2 kerja seharusnya sudah masuk saldo nya ke rekening saya

        Octa · 7 Maret 2018 pada 11:29

        Sudah dapat email kah? Seharusnya kalau sudah dapat email siang ini pasti mendarat.

Komentar ditutup.