Kota Kediri merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Timur, dan juga merupakan salah satu kota terbesar di provinsi ini, lebih tepatnya ketiga setelah Kota Surabaya dan Kota Malang yang telah disinggahi lebih dahulu oleh layanan taksi dan ojek online.

Berlabel sebagai salah satu kota terbesar di Jatim dengan perekonomian yang terus tumbuh, kota ini tentunya harus memiliki layanan transportasi publik yang memadai, terjangkau dan mudah di akses. Baik untuk warganya maupun untuk pendatang domestik dan mancanegara.

Untuk itu, beberapa perusahaan aplikasi seperti telah mulai muncul sejak tahun 2017 di kota yang dijuluki kota tahu ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat untuk layanan transportasi yang cepat, nyaman dan hemat.

Jenis Layanan Grab dan Go-Jek

Dua perusahaan raksasa dalam layanan transportasi online, Grab dan Go-Jek telah cukup lama beroperasi di kota ini, lebih tepatnya sekitar tahun 2017. Kedua perusahaan ini memiliki cukup banyak jenis layanan, namun disini kami akan membahas layanan utama mereka saja yaitu transportasi dan pengiriman makanan atau barang.

macam layanan grab gojek

Macam Layanan Grab dan Go-Jek

  1. Taksi Online

    Salah satu layanan utama dari Grab dan Go-Jek adalah transportasi berbasis aplikasi dengan menggunakan armada kendaraan roda empat atau mobil pribadi, layanan ini lebih dikenal dengan sebutan taksi online.

    Untuk layanan Taksi Online di Kota Kediri, kedua perusahaan tersebut membagi lagi jenis layanan ini. Berikut rinciannya:

    Grab
    GrabCar: merupakan layanan taksi online yang terjangkau dengan maksimal kapasitas penumpang 4 orang.
    GrabCar 6: sama seperti layanan GrabCar standar, namun diperuntukkan penumpang sampai dengan 6 orang.
    GrabCar Plus: layanan taksi online yang memastikan anda hanya mendapatkan mitra pengemudi bintang 5.

    Go-Jek
    Go-Car: layanan taksi online dengan tarif yang aman di kantong dengan maksimal penumpang 4 orang.
    Go-Car (L): layan taksi online dengan kapasitas penumpang lebih banyak atau 6 orang.

  2. Ojek Online

    Selain taksi online, layanan utama dan juga inti dari Grab dan Go-Jek di Kediri adalah ojek online. Layanan ini menggunakan armada sepeda motor yang bisa mengangkut penumpang satu orang dewasa.

    Ojek online merupakan layanan yang paling diminati karena mempunyai tarif per kilometer yang murah dan kita bisa bepergian secara cepat dengan menerobos kemacetan.

    Jumlah mitra pengemudi atau driver ojek ini lebih banyak dibandingkan dengan taksi online. Jadi kamu tidak perlu khawatir untuk tidak bisa mendapatkan driver ketika akan memesan layanan ini.

    Jika kamu ingin menggunakan layanan ojek online kamu bisa memilih layanan GrabBike untuk aplikasi Grab dan Go-Ride untuk aplikasi Go-Jek.

  3. Pengantaran Makanan dan Barang

    Tidak hanya layanan transportasi, Go-Jek dan Grab di Kediri juga membuka layanan pengantaran makanan dan barang. Cocok buat kamu yang mager tapi tetap ingin merasakan makanan yang lagi hits dari sebuah resto.

    Atau buat pemilik toko baik toko online maupun toko konvensional yang ingin kirim barang dagangannya ke pelanggan secara cepat dalam hitungan jam.

    Untuk memilih layanan ini, kamu bisa memilih fitur GrabExpress Instant – Bike untuk aplikasi Grab. Untuk Aplikasi Go-Jek kamu bisa memilih fitur Go-Send.

    Layanan ini menggunakan armada sepeda motor, jadi ada dimensi dan berat maksimal dari barang yang akan dikirimkan dengan layanan ini. Sesuai dengan petunjuk di aplikasi Grab, ukuran dan berat maksimal dari GrabExpress adalah 50x50x40cm dan 8kg ya. Untuk Go-Send kurang lebih sama dengan aturan yang dimiliki Grab.

    Sebenarnya ada layanan pengantaran barang dengan menggunakan mobil yang dikenal dengan GrabExpress Instant – Car, tapi sayangnya layanan ini belum ada di Kediri. Sementara hanya ada di kota-kota besar seperti Surabaya dan Sidoarjo.

Tarif Grab dan Go-Jek di Kediri dan Pare

Hal yang paling meminat masyarakat dari awal semenjak kehadiran transportasi online adalah tarif atau biaya perjalanannya yang murah jika dibandingkan dengan ojek motor dan taksi konvensional.

Biaya perjalanan dengan ojek dan taksi online murah di Kediri, biaya minimal yang diterapkan untuk ojek online GrabBike dan Go-Ride adalah Rp 4.000 saja dan Rp 12.000 saja untuk taksi online Go-Car dan GrabCar.

Sebagai gambaran, tarif atau biaya perjalanan tersebut bisa digunakan untuk bepergian dari Stasiun Kediri ke Ketos (Kediri Town Square) yang menurut Google Maps hanya berjarak sekitar 2.3 Km.

contoh tarif grab gojek

Contoh Tarif GrabCar dan GoCar

  1. Tarif Per Km

    Tarif yang kami sebutkan sebelumnya kemungkinan nantinya akan mengalami perubahan ketika pemerintah melalui Kementerian Perhubungan telah memberlakukan secara penuh Surat Keputusan Menteri yang mengatur tarif transportasi online.

    Berdasarkan regulasi tersebut, Kediri akan masuk pada tarif Zona I yang meliputi Sumatera (dan sekitarnya), Jawa (dan sekitarnya selain Jabodetabek), dan Bali.

    Dilansir dari situs CNBC Indonesia, untuk ojek online pada zona ini akan diberlakukan tarif batas bawah adalah 1.850 per Km dan batas atas 2.300 per Km, dengan biaya minimal Rp 7.000 s.d Rp 10.000 (untuk 4 kilometer pertama).

    Untuk taksi online, sesuai regulasi yang berlaku, Kediri nantinya akan masuk zona Sumatra, Jawa dan Bali. Tarif yang diberlakukan adalah Rp 3.500 per Km untuk batas bawah serta Rp 6.000 per Km untuk batas atas.

  2. Contoh Biaya Perjalanan

    Daripada bingung mengira-ngira berapa biaya perjalanan yang harus kamu keluarkan untuk bepergian dengan transportasi online di Kota Kediri dan Pare (Kabupaten Kediri) berikut ini kami berikan contoh tempat bepergian yang populer di kota ini.

    Dari Kota Kediri
    Tujuan Ojek Online Taksi Online
    Pare (Kabupaten Kediri) Rp 34.000-Rp 44.000 Rp 80.000-Rp 100.000
    Bandara Juanda Rp 190.000-Rp 250.000 Rp 440.000-Rp 580.000
    Terminal Purabaya (Bungurasih) Rp 170.000-Rp 220.000 Rp 400.000-Rp 530.000
    Kota Surabaya (Pusat) Rp 170.000-Rp 230.000 Rp 410.000-Rp 550.000
    Kota Malang Rp 150.000-Rp 200.000 Rp 350.000-Rp 470.000
    Kota Batu Rp 120.000-Rp 160.000 Rp 290.000-Rp 390.000
    Dari Pare (Kabupaten Kediri)
    Tujuan Ojek Online Taksi Online
    Stasiun Kereta Api Jombang Rp 38.000-Rp 50.000 Rp 90.000-Rp 120.000
    Bandara Juanda Rp 180.000-Rp 240.000 Rp 420.000-Rp 560.000
    Kota Surabaya (Pusat) Rp 170.000-Rp 220.000 Rp 390.000-Rp 530.000

Titik Penjemputan (Pickup Point) dan Zona Merah Kediri

Salah satu kemudahan transportasi online adalah anda bisa memesan untuk dijemput dimanapun itu dan driver bisa langsung menghampiri anda. Tanpa perlu berhenti di pinggir jalan ataupun jalan ke tempat dimana armada transportasi tersebut berhenti (pangkalan).

Hampir di semua lokasi di Kediri kamu bisa tetapkan sebagai titik penjemputan atau pickup point Grab dan Go-Jek asalkan disekitar ada driver yang tersedia.

titik jemput zona merah grab gocar

Namun ada beberapa tempat dimana kedua aplikasi tersebut dilarang atau sangat dianjurkan untuk tidak melakukan pemesananan dan penjemputan disekitar area terbut, untuk menghindari konfrontasi. Area penjemputan yang dimaksud sering disebut dengan zona merah.

Tidak bisa dipungkiri, sampai saat ini, khususnya di daerah-daerah, transportasi online masih menjadi kontroversi. Beberapa kali masih terjadi penolakan dari pengemudi transportasi lokal di daerah tersebut seperti dari pengemudi bemo, becak, taksi konvensional dan lainnya.

Jadi, sebagai pengguna serta pengemudi ojek dan taksi online diharapkan untuk tidak melakukan pemesanan dan penjemputan di tempat dimana biasanya digunakan pengemudi transportasi konvensional tersebut menunggu penumpang (atau mangkal).

Beberapa contoh zona merah untuk penjemputan di Kediri dan sekitarnya adalah Stasiun Kereta Api Kediri, anda akan disarankan oleh pengemudi untuk berjalan ke barat sekitar 200m menuju Jl Dhoho, selainitu juga di Terminal Bus Kediri, Pasar Tradisional dan lain-lain.

Jika anda tidak yakin dimana zona yang aman untuk penjemputan, segera setelah mendapatkan pengumudi Grab atau Go-Jek. Anda disarankan untuk menanyakan kepada driver dimana tempat penjemputan. Karena sebagian dari mereka mengetahui info akan zona merah.

Promo Grab dan Go-Jek

Promosi tidak bisa dipisahkan dari kedua aplikasi transportasi online ini semenjak munculnya layanan mereka di Indonesia. Berbagai bentuk promo Grab dan Go-Jek di Kediri sama seperti di kota lainnya yaitu berupa diskon biaya perjalanan atau cashback untuk berbagai layanan seperti GrabCar, GrabBike, GrabFood serta Go-Ride, Go-Car, Go-Food.

Kode promo biasanya diberikan dalam bentuk kode promo, untuk aplikasi Grab kamu bisa memasukkan kode promo ke dalam kolom yang disediakan saat akan melakukan pemesanan perjalanan atau pengantaran makanan. Atau dalam bentuk rewards yang dihadiahkan kepadamu atau hasil penukaran points.

Jika kamu ingin tahu lebih lengkap tentang topik ini kamu bisa baca tulisan kami tentang Kode Promo Grab (semua layanan) disini.

Untuk Go-Jek, kamu bisa menemukan kolom untuk memasukkan kode promo pada menu Akun dibagian bawah, kemudian temukan pilihan “Masukkan Kode Promo”.

Cara Daftar Driver Go-Jek dan Go-Car di Kediri

Transportasi online telah mengubah cara masyarakat untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lain dengan mudah. Selain itu, layanan ini juga memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan penghasilan sebagai mitra pengemudi atau driver, baik untuk ojek online maupun taksi online.

Banyak yang menjadikan pekerjaan ini sebagai pekerjaan utama, namun tidak sedikit pula yang menjadikannya pekerjaan sampingan disamping pekerjaan utama mereka.

  1. Status Kota Pendaftaran

    Pendaftaran untuk menjadi mitra Grab dan Go-Jek tidak dibuka setiap saat, baik itu untuk driver ojek online dan taksi online.

    Ini dilakukan untuk menjalankan regulasi yang telah ditetapkan pemerintah melalui Kementerian Perhubungan. Regulasi tersebut meminta pihak aplikasi transportasi online untuk membatasi jumlah mitra pengemudinya di setiap provinsi di Indonesia.

    Untuk layanan Grab, baik itu untuk mitra GrabCar atau GrabBike di Kediri, anda bisa melihat status Kediri apakah masih menerima pendaftaran mitra baru atau tidak pada tulisan kami di Status Kota Pendaftaran Mitra Grab.

    Untuk melihat kota/kabupaten dimana pendaftaran driver GrabCar dan GrabBike sedang dibuka atau ditutup, bisa melihat langsung daftarnya pada tulisan Status Kota Pendaftaran Grab di seluruh Indonesia.

    Untuk layanan dari Go-Jek, kami belum menemukan sumber yang valid tentang status kota pendaftaran driver.

  2. Persyaratan Daftar Driver

    Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pelanggan serta mitra driver itu sendiri, pihak aplikasi transportasi online meminta beberapa persyaratan untuk bisa diterima sebagai mitra pengemudi.

    Tidak ada perbedaan yang signifikan untuk persyaratan diantara Grab dan Go-Jek, berikut ini kami berikan secara lebih rinci beberapa persyaratan yang bisa digunakan untuk mendaftar sebagai driver di kedua aplikasi.

    HP Android. Direkomendasikan untuk menggunakan smartphone dengan spesifikasi RAM minimal 2 GB (meskipun ponsel dengan RAM 1GB juga masih bisa) untuk kelancaran berjalannya aplikasi driver dan dalam penerimaan order.

    Akun Gmail. Khusus untuk Grab, pastikan akun Gmail anda sesuai dengan yang ada di Google Play Store. Pastikan juga anda tidak lupa password untuk login.

    KTP. Dianjurkan untuk menggunakan e-KTP dengan domisili sesuai dengan kota dimana anda akan daftar dan bekerja. Jika alamat tidak sesuai dengan area kerja, maka harus dilengkapi dengan surat keterangan domisili dari RT/RW.

    SIM. SIM A/B untuk layanan taksi online dan SIM C untuk layanan ojek online.

    STNK dan Pajak. Untuk kendaraan, disarankan untuk menggunakan kendaraan pembuatan minimal tahun 2013 untuk R4 (mobil) dan tahun 2009 untuk R2 (sepeda motor). Namun tahun sebelumnya bisa dicoba untuk didaftarkan.

    SKCK. Surat Keterangan Catatan Kepolisian dari Polsek setempat dan masih berlaku.

    Buku Tabungan. Buku Tabungan yang masih aktif dan bisa digunakan transaksi, saat ini masih bisa menggunakan tabungan atas nama orang lain yang mempunyai hubungan keluarga.

  3. Proses Pendaftaran Grab

    Sebelum melanjutkan ke proses pendaftaran, pastikan semua persyaratan telah anda miliki. Khusus persyaratan dokumen pastikan juga masih berlaku untuk menghindari penolakan pendaftaran karena tidak memenuhi syarat yang telah ditetapkan.

    Secara garis besar proses pendaftaran untuk menjadi driver Grab adalah sebagai berikut.

    Calon mitra memberikan persyaratan yang ditentukan termasuk dokumen persyaratan (difoto) Dokumen Persyaratan di verifikasi Grab Informasi mengenai status pendaftaran (diterima/ditolak/persyaratan kurang) via email/SMS (Jika Pendaftaran Diterima) Anda akan mendapatkan link untuk melakukan training secara online (Lulus Training) Anda bisa langsung download aplikasi Grab Driver di Google Play Store.

    Proses Pendaftaran Grab

Customer Service Call Center Grab dan Go-Jek

Sebagai pengguna transportasi online di Kediri, ketika kamu mengalami hal yang tidak diinginkan dan ingin segera mendapatkan respon langsung saat itu juga. Maka menghubungi call center adalah salah satu pilihan terbaik.

Didapatkan dari official website dan sosial media dari kedua aplikasi, berikut ini adalah nomor telepon Customer Service Go-Jek dan Grab untuk melaporkan keluhanmu, baik sebagai customer maupun mitra pengemudi atau driver.

Grab Customer dan Driver (021) 806 487 77.
Go-Jek Customer (021) 508 490 00, Go-Jek Driver (021) 502 332 00 .

Nomor tersebut diatas adalah nomor call center customer service pusat di Jakarta. Kedua perusahaan tersebut tidak memiliki nomor nomor khusus hanya untuk daerah Kediri.

Alamat Kantor Grab Kediri

Untuk mitra pengemudi atau driver, berikut ini adalah alamat kantor yang biasanya digunakan untuk verifikasi wilayah Kediri dan sekitarnya seperti Pare.

Jl. Banjaran Gang Carik, Kota Kediri (Kantor Koperasi MUT).
Jl. Betet Bawang RW.02, Kota Kediri.

Saat ini, belum ada cabang Grab Driver Center (GDC) di Kediri. Jika masalah anda sebagai driver tidak bisa diselesaikan melalui call center atau support online lainnnya, maka anda harus datang ke GDC terdekat seperti GDC Surabaya.