Alasan Tagihan Uber Berbeda Dengan Biaya di Muka yang Terlihat di Aplikasi

Dari halaman official social media milik Uber Indonesia kami sering melihat pengguna yang curhat atau bertanya, bahkan dengan nada kesal tentang biaya perjalanan atau fare yang berbeda terlalu jauh dengan biaya di muka yang dilihat saat memesan tumpangan.

Seperti misalnya, ketika memesan di kota-kota yang mendukung fitur biaya di muka (upfront fare) seperti Jakarta dan Surabaya, pengguna akan melihat biaya dimuka yang akan dibayarkan nantinya. Ambil contoh, biaya dari Bandara Soetta ke Pondok Indah Mall adalah Rp 90.000,-.

Namun setelah driver menyelesaikan perjalanan dan memperlihatkan total biaya perjalanan yang harus dibayar pada ponselnya, ternyata berbeda cukup jauh dengan biaya di awal yang bisa dilihat di aplikasi, seperti menjadi Rp 150.000,- bahkan Rp 200.000,-.

Jika anda mengalami pengalaman berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebabnya:

  1. Driver anda melalui rute yang berbeda dengan yang disarankan di aplikasi
    rute perjalanan bayar di muka
    Rute Perjalanan

    Saat memesan anda melihat rute di aplikasi melewati jalan tol, tapi saat dalam perjalanan driver (atau anda) memutuskan untuk melewati jalan lain dengan jarak yang lebih jauh.
  2. Anda melakan pemberhentian saat perjalanan atau mampir.
    mampir pemberhentian tambahan uber
    Biaya bisa berubah

    Perbedaan biaya perjalanan juga bisa terjadi saat kamu melakukan pemberhentian saat dalam perjalanan, seperti mampir ke warung makan, buang air atau ke mini market.

    Dalam hal ini, biaya di muka akan diganti dengan biaya per-Km dan per-menit.

  3. Anda memesan saat terjadi Harga Ramai / Surge Pricing
    harga naik ramai demand
    Permintaan tinggi

    Sebelumnya, kamu akan menemukan tanda/icon petir disamping biaya perjalanan ketika akan memesan Uber di saat Surge Pricing atau Harga Ramai berlaku.

    Namun akhir-akhir ini saya tidak pernah menemukannya lagi. Sekarang, digantikan dengan kalimat Fares are Higher due to Increased Demand yang kira-kira artinya adalah, biaya perjalanan menjadi lebih tinggi karena banyaknya permintaan tumpangan.

    Mungkin saat memesan, kamu tidak menyadari telah melakukan pemesanan saat Surge Pricing.

  4. Ponsel driver mengalami masalah pada GPS
    masalah rute map peta uber
    GPS Error

    Pernah memesan Uber dan kaget ketika tagihan menjadi berlipat-lipat dan setelah melihat peta (map) riwayat perjalanan ada yang aneh. Perjalanan merekam rute yang tidak anda dilewati, dan sistem Uber akan menghitung jarak tersebut dengan tarif normal.

Baca Juga

47 Komentar

  1. mengenai hal di atas yg saya baca sepertinya banyak yg di rugikan tp msh banyak yg di untungkan..perlu di catat oleh semua driver mohon jgn memanfaatkan situasi demikian, demi keuntungan karna merugikan diri sendiri..bagaimana klo masyarakat bener 2z kapok dengan uber karna hal ini, anda mau nganggur lgi..kita fair aj klo di awal adalah harga sebenarnya, dgn catatan tidak macet.dll..klo refund dr uber bentuk KREDIT bakaln jd maslah lagi karena kita merugikan driver dengan kita membayar lbh murah…bener kan
    ..salam sehat

  2. Tadi sore saya pesan uberX untuk jemput adik saya, tarif awal hanya setelah dipotong diskon hanya 15ribu tapi setelah sampai tarifnya berubah jadi 25ribu. Saya cek tanda pembayarannya, jarak di tanda pembayaran hampir 2kali lebih jauh dari jarak sebenarnya. Gimana cara complainnya ?

  3. saya naik Uber dr pasar Rawasari sampai Ancol Marina tarif dmuka 14500,,,giliran sampean tujuan 32500 pdhl saya ga berhenti sama sekali perjalanan juga lancar,,,kok 2x lipatnya ya,,,

  4. Istri saya hari ini pesan uber xl dr soeta ke bogor. Di fare tertulis 232.000. Tapi pada saat pembayaran 701.000 sesuai tertera pada cash. Nyesek bngt. Tolong dong uber, apakah harga tersebut wajar??
    Dari mapnya terlihat normal. Lama2 jadi ngeri nih naik uber

    1. Catatan istri saya memesan dr bandara tgl 11 Agust 2017 jam sekitar 23.30 tiba di bogor jam 00.45. Tidak ada kemacetan selama perjalanan. Tarif di atas sangat merugikan pelanggan. Mohon untuk segera di review

      1. Bisa dibuka aplikasi Uber-nya pak, kemudian pilih menu bantuan dan pilih perjalanan mana yang dimaksud dan bisa dilaporkan disana.

      2. Kalo bisa gan pelajari tarif taxi online yg akan akan digunakan. Kan waktu pesan uber ada pesan:
        Fares are Higher due to Increased Demand yang kira-kira artinya adalah, biaya perjalanan menjadi lebih tinggi karena banyaknya permintaan tumpangan.

    2. Trus bapak komplain ke mana ya? Ada jalan keluar pengembalian uang dr uber?
      Ada nomor call centre uber terpeecaya untuk kompalin boleh share pak? Saya juga mengalami hal yg smaa dgn bapak. Trims pak ditunggu balasan nya

    1. Halo, jika merasa ada yang tidak benar bisa langsung mengajukan review tarif di menu help ya kak. Nanti kalau emang ada kesalahan akan dibalikkan via Uber Credit.

      1. Klo drivernya yg ada mslh gmn nih, di hp costomer 75rb dihp saya cm 23rb…. Destinasi rute sesuai yg tdk sesuai km.nya. saya sdh ada 3x kejadian serupa…

    2. Kadang ada taxi online selain uber yg menolak penumpang dengan jarak tersebut.

      Fares are Higher due to Increased Demand yang kira-kira artinya adalah, biaya perjalanan menjadi lebih tinggi karena banyaknya permintaan tumpangan.

      1. Bisa komplain kak, pasti bakal ditinjau ulang sama support. Jika ada kesalahan pasti balik uangnya seperti yang lainnya.

  5. Hari ini biasa menggunakan jasa uber motor, kebonpala makasar ke manggarai tarif awal 17.500 setelah sampe tujuan 43.500, di jln sy tidak melakukan pemberhentian atau mampir, hanya macet seperti biasa…

  6. Saya akui…Uber Mobil lbh Mahal hampir sama spt taxi mending Naik taxi atau grab apalagi jarak jauh selalu 2x lipat..Coba Aja klu tidak percaya..

  7. Td saya memesan uber dr bandara soeta ke aryaduta, gambir. Tertera 82.000 tetapi ketika sampai tujuan harus membayar 238.000. Selusih harganya jauh sekali. Padahal saya tidak merubah perjalanan dan tidak ada tempat persinggahan. Saya kecewa sekali, ini merugikan penumpang dan saya merasa tertipu. Saya tanya ke supir dan supirnya jg menanggapi dengan ketus. Saya pelanggan setia uber tp skrg dibeginikan, jd kapok pakai uber lg.

    1. Terkadang memang ada masalah seperti itu mbak. Tapi itu tarifnya bisa di review (tinjauan) koq lewat menu bantuan, nanti kalau memang ada yang salah di sistem atau ponsel driver, pasti balik duit kelebihannya.

  8. Baru saja saya menggunakan jasa Uber Car di Solo dari kota Solo ke Kalioso (kurang lebih 14 km). Naiknya tidak tanggung2 dari Rp. 44.000 (tertulis di hp saya) membengkak jadi Rp. 157.500 (tertulis di hp driver). Mohon hati2 bagi pengguna lainnya.

    1. Bisa dilihat di Riwayat Perjalanan, dan bisa minta dikoreksi lewat laporan dan nanti jika ada kesalahan akan di refund ke Uber Credit.
      Ini kemungkinan besar terjadi karena ada masalah pada ponsel driver.

        1. Bisa jadi itu mas. Lebih tepatnya masalah di penangkapan sinyal GPS oleh HP driver, itu bisa karena hardware GPS nya kurang baik, bisa juga sinyal internet saat perjalanan tidak stabil. Jadi perhitungan sistem Uber berubah, karena tarif kan dihitung berdasarkan jarak (via GPS driver) saat perjalanan.

  9. Selamat malam
    8 juli 2017, 19.00 wib kurang lebih baru saja saya sampai tujuan saya dari bandara soeta dengan estimasi tertera 92.500 di sistem awalnya dan ketika Tiba ditujuan daerah Kuningan Barat, menjadi 219.000. Mohon penjelasan secara detail kenapa demikian, saya baca reason reason komen di atas dalam perjalanan uber saya tidak ada masalah. Terima kasih

  10. Td sore sy memesan uber dr bandara soeta ke bogor.. hrga di bokingan 272.000 Begitu sampai di tujuan sy kaget harus bayar 420.000 terus terang sbg pengguna uber sy agak kecewa krn hrga nya tdk sesuai dgn hrga bokingan dan selisih nya jauh pdhl sy tidak mampir2. Tks

  11. Saya tadi pagi jam 01.50 wib pesan Uber harga booking tertera 160.500 setelah menyelesaikan perjalanan ternyata sopir uber menunjukkan harganya 246.000 padahal saya tidak mampir 2 dan peta perjalanan sesuai sama pada saat booking kaget bagaimana bisa beda jauh selisih harganya

  12. saya br gbung uber seminggu nih, mana tarif yg betul yg kita sodorkan ke penumpang, apkah nominal sebagiman ditunjukkn setelh kita tekan ‘cash collected’, atau nominal dalam ‘fare’ atau nominal sbgmana ditunjukkn oleh ‘pay out’?

    tolooooong donk pencerahn dari para senior

    thanks

    1. Yang bill hijau pada saat tekan cash collected.
      Tapi jika ditekan lagi akan berubah bill cover warna putih hitam betul?(dilayar hp) sama aja kok. Ibarat kata itu rekapnya

  13. Sy naik uber dari bandara halim perdana kusuma ke cibitung bekasi tempat tinggal sy ..waktu awal harga booking 165.000 aneh.y setelah sampai tujuan menjadi 415.000 padahal sy tdk minta merubah arah perjalan atau berhanti di suatu tempat.bagai mna bisa terjadi sy kaget kok segitu mahal trima kasih

    1. Apakah ada yang aneh dengan peta di perjalanan?
      Jika ada yang aneh, seperti map loncat (garis lurus) dari satu titik ke yang lain bisa diminta untuk fare review dan uang akan kembali seperti yang pernah saya alami.

        1. Lihat menu riwayat, kemudian pilih perjalanan yang sekiranya biayanya ada kesalahan, terus pilih topik bantuan yang sesuai.

  14. Ass..sya mau tanya klo sdah smpai tuhuan trus sama drivernya blm di kasih tanda trima pembayaran atw di off dari perjlnan yg di tuju padhl sudah smpai…

  15. Bisa Minta Nmer Ponselnya??
    Saya Berencana Mau pake Uber XL, muat 6 Orang Dari Terminal ARJOSARI(MALANG) ke BANDARA JUANDA SURABAYA, brpa kira2 estimasi biayanya. mohon konfirmasi via email.

    1. Misi pak mungkin bapak lagi di surabaya trus butuh uber….nie nope saya pak….081559564***

      (Admin edit: Harap cantumkan email saja, Nomor ponsel akan terfilter)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *