Tarif Uber naik tiba-tiba, itulah Surge Pricing atau Harga Ramai

Tarif Uber dikenal dengan tarifnya yang lebih murah daripada taksi konvensional. Banyak orang yang mulai rutin menggunakannya, mulai dari pekerja kantoran sampai dengan Ibu rumah tangga. Namun tahukah kamu jika Uber juga memiliki kebijakan untuk meningkatkan tarifnya sewaktu-waktu.

Kebijakan ini dikenal sebagai Surge Pricing atau dalam Bahasa Indonesia, Uber menyebutnya sebagai Harga Ramai. Ini bisa saja terjadi di posisi kamu saat ini, sewaktu-waktu. Dan akan kamu sadari ketika ingin memesan Uber, kamu akan melihat ada logo petir kecil maka diwilayah tersebut sedang berlangsung kebijakan surge pricing.

Baca Juga: Tips menghindari Harga Ramai / Surge di Uber.

Kebijakan ini berlaku jika diwilayah sekitar tempat kamu ingin memesan juga sedang banyak orang yang ingin memesan namun ketersediaan mobil Uber yang sangat terbatas. Kebijakan ini diharapkan akan memacu para driver dari wilayah lain untuk datang ke wilayah yang terkena Surge Price / Harga Ramai tersebut.

Kenaikan tarif bisa dilihat dari angka pengkali yang terlihat. Jika terlihat 1.5x maka semua tarif akan naik setengah kali lipat, kemudian jika 3.0x yang artinya 200% lebih mahal atau tiga kali lipat dari tarif biasanya.

Tenang, surge price ini hanya berlaku selama 5 menit, kamu bisa lihat surge expiry time saat menentukan pickup location. Kamu bisa memilih untuk menunggu surge ini expired lalu cepat-cepat memesan saat logo petir itu menghilang. Namun yang lebih buruk bisa juga terjadi, saat menunggu surge 2.0x expired, kamu akhirnya malah dapet surge 6.0x, itu artinya apes, hehe…

Saat ini surge sudah lama ada di Jakarta, Bandung dan Bali, namun akhir-akhir ini juga diaplikasikan ke Kota Surabaya. Berikut ini adalah screenshot yang saya ambil ketika dapet Harga Ramai 3.0x alias tiga kali lipat dari harga standar, sedih sih, tapi ga juga, karena masih dapet free ride, hehe.

Baca Juga: Promo Naik Gratis Uber dan Cara Penggunannya.

harga ramai surge uber
Logo Petir Saat Memesan dan Detail Tarif
harga ramai surge pricing uber
Konfirmasi sebelum pemesanan dengan Harga Ramai
tagihan harga ramai
Tagihan perjalanan dengan Harga Ramai

Baca Juga

14 Komentar

  1. Hari ini saya kaget krn terkena surge price. Apapun alasannya, saya juga akan segera menghapus aplikasi Uber. Menurut saya kelipatan kenaikannya keterlaluan.

    1. Bisa jadi bukan surge tapi kesalahan GPS, bisa minta review. Btw, semua app online juga ada surge kak, tapi kadang ga barengan juga sih. Di hide aja kak app’nya, sapa tahu nanti butuh kan repot kalau registrasi lagi, hehe.

    2. Betul mbak saya juga.. Sediiiih banget n kecewa karna saya tidak memperhatikan angka pengali.. Hanya lihat harga normal. Mana uang sdh pas pas an.. Akan segera sy hapus aplikasi ini..

  2. Biasnya naik uber motor dari lippo sampai legok cma 16500 dan ada kode promo jadi cma 8500 eh pas sampe rumah ubernya bilang 62000 kesel kaget .. karna harganya sangat tidak masuk akal uber mobil aja gak sampe segitu aneh uber … bikin rugi penumpangnya .. gak lagi lagi mesen uber mending grab atau gojek sekalian..

  3. Semalam saya pesenin ayah saya perkiraan 15.000, setelah turun di tempat saya tetap 15.000 di hp saya tapi di hp driver 80.000. Gilaak. Kalau begitu yang mana yang harus dibayar sebetulnya?

    1. Waduh, bisa gitu ya kak. Kemungkinan besar sih ada trouble sistem. Bisa di review perjalanannya. Pasti balik kok kelebihannya.

  4. Saya sempet kaget..tarif awal 42.500..eh pas bayar 172.500..udah gtu dbawa muter2 ma drivernya.langsung saya hapus aplikasi nya.

  5. Sy pesan uber 26.000 jarak 5km saat bayar 180.000…. pernah juga jarak 11km tertera 35.000 bayar 210.000…. anehhh.. tp jd pikir 2 kali skg pakai uber???

  6. Aku waktu pesan dapat harga 31.900. Padahal tidak ada kode seperti pertir pas bayar suruh bayar 71. 900.Kesel banget rasanya itu Uber x (mobil)

    Yang uber motor pernah juga waktu pesan dapat harga 14.500, waktu bayar jadi 30.500

  7. Agak kesal ya..padahal saya cek dan setelah dpt driver harga 114rb, setelah saya turun tiba2 harga menjadi 210rb

  8. Driver minta tambahan biaya di luar tarif resmi apa memang ada ?
    Batasan penumpang 3 orang selebihnya d kenakan biaya 10 rb per orang apa benar ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *